life journey, thought, animals and big smile :)

what a weekend…Singapore quick trip

ini memang bener bener trip singkat

ceritanya adalah tahun kemarin, 2014, kami mem-planing untuk jalan-jalan ke singapura, karena ada promo Air Asia go. so, kami booking untuk bulan Juni 2015 tanggal 5-7, Sby-Sgp PP. secara, itu adalah tanggal-tanggal yang aman, kuliah sudah masuk minggu tenang, dan blom mulai Ujian Akhir Semester.

Kemudian, terjadilah tragedi jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 tanggal 28 Desember 2014 dengan rute Juanda menuju Changi. peristiwa yang sangat menyedihkan… dan setelah peristiwa itu, jalur penerbangan Air Asia Surabaya-singapura dibekukan sampai waktu yang tidak pasti.

was-was kita ga jadi berangkat dong.. ada email pemberitahuan bahwa ada penggantian pesawat dan jadwal terbang dari Juanda, tetapi ternyata sampai awal bulan Mei belum ada kepastian bahwa jalur penerbangan Sby-Sin dibuka lagi.

Kemudian setelah menghubungi Air Asia Indonesia, ada pemberitahuan bahwa tiket yang sudah kami beli akan mendapatkan 2 pilihan penggantian, yaitu di-refund atau deposit untuk penerbangan yang lain… masalahnya adalah… kami juga sudah booking hotel yang itu tidak akan bisa refund…😦

IMG-20150510-WA0000

and then, teman saya mengirim email ke Air Asia Go, dan setelah ditanyakan ke manajemen mereka, kami mendapatkan ganti tiket dengan jalur Sby-Jkt, Jkt-Sgp… horeee… perjalanan kami ngga jadi batal.

okay.. 5 juni 2014

Jadwal penerbangan 5.30 dari Juanda, artinya 1 jam sebelumnya udah harus check in, dari Malang harus berangkat sejak jam 2 pagi. dijemput travel, keliling2 jemput penumpang yang lain, merem di travel, bangun-bangun udah sampe bandara Juanda😀.

Sampai jakarta, transitnya 3 jam.. jadi sarapan di bandara soe-ta lalu jam 11 terbang ke Sgp. karena ngantri (sekarang pesawat pun ngantri kalo mo take off) 1 jam-an… jadi kami nyampe Changi udah jam 3-an sore jam 4 an waktu singapura (GMT+8) sedikit culture shock.. membiasakan diri dengan papan penunjuk arah dan peta lokasi. kami menuju ke MRT station di terminal 3. top up kartu  ez-link dan memulai perjalanan bawah tanah kami menuju ke hotel.. yang.. cuman tau alamatnya aja…. di sini ga bisa pake GPS dan peta yang diprint tidak representatif…akibat roaming.. jadi mengandalkan free wifi aja.

menuju Farrer park, adaptasi singkat dengan jalur MRT dan warna-warnanya.. okay, jalur merah, pindah orange, pindah ungu (ternyata pindah 2 kali bisa sih, maklum masih adaptasi). keluar dari stasiun Farrer park, mencari Serangoon road, yang ternyata panjaaang… nyari nomor hotelnya… ribut dulu (kami biasa ribut kalo nyari jalan), jalan tengak tengok kiri kanan (nomornya ga urut ternyata.. haha..) dan ketemulah itu si D&E Inn tempat kami menginap.

Hotel review, bisa dilihat di sini

IMG-20150603-WA0000

Karena ini trip singkat, kami cuma punya waktu jumat sore, dan sabtu full day untuk apapun. lalu minggu pagi sudah harus ada di Cangi airport lagi. so, kegiatan cari sovenir adalah hari ini. jam 7 malam, menuju Bugis street, melihat keramaian penjual barang-barang khas Sing. beli oleh-oleh seperlunya

d&e inn

6 Juni 2015

Sudah beli tiket untuk Universal Studio Singapore (USS), beli di staff hotel, jadi ngga perlu ngantri di tiket booth di USS.

menuju USS bisa lewat beberapa jalur, kami memilih lewat Harbour front, sekalian mo liat-liat Vivo city. dari vivo citynaik sentosa express  menuju Sentosa, dan karena itu weekend jadi padet banget, bersama turis lain dan singaporean yang mau liburan juga. antri. dimana-mana antri…

USS-Map

USS map

Universal Studios Singapore adalah tujuan favorit bagi turis maupun bagi warga Singapura, banyak wahana bermain yang seru, dan satu hari saja rasanya tidak cukup untuk mencoba seluruh permainan. So, pilih-pilih saja atraksi yang sesuai dengan minat dan kemampuan (jangan mencoba atraksi yang berbahaya kalau tidak kuat fisik dan mental)

USS review di tripadvisor di sini

uss1

cuacanya sangat panas, jadi air minum adalah esensial. jangan sampai pingsan karena dehidrasi. Setiap atraksi dibutuhkan kesabaran untuk mengantri.. kalau tidak mau mengantri sebaiknya beli tiket express.

Karena sudah bosan dengan Roller coaster, kami menyudahi kunjungan USS itu, menuju Raffles park, menyusuri Singapore river dan sampai ke merlion park. duduk-duduk di Esplanade brigde, menunggu sampai malam untuk menyaksikan pemandangan malam lampu-lampu dari helix bridge dan marina bay sands.

view at merlion park

mampir bugis juction dan bugis street lagi (karena ada yg mau dibeli..lagi) baru balik hotel

7 Juni 2015

pagi-pagi menuju Changi airport, penerbangan jam 10 menuju Sukarno Hatta, dan dari Jakarta jam 3 sore.

okay, perjalanan 3 hari, yang 2 hari adalah di jalan dan bengong saat transit.

Tidak apa-apa.. suatu pelarian yang menyenangkan. rasa capek yang menyenangkan, dan pengalaman yang seru.

sempat terpikir untuk tidak pergi saat itu.. tapi pasti akan menyesal kemudian hari kalau kami ga jadi berangkat.

Thank God we’re doing just fine.

apa yang saya pelajari dari perjalanan ini: keteraturan, toleransi (setiap kali senggolan sama orang, pasti orang lain yang bilang ‘sorry’ duluan ga perduli siapa yang nyenggol), budaya bersih, budaya antri dan tepat waktu.

ya.. dari dulu juga seperti itu sih di negara itu, hanya saja 5 tahun sejak saya terakhir ke Singapura, disana semakin maju, dan di’sini’ orang masih berebut di antrian…

perjalanan singkat tetapi sangat berarti

Perjalanan itu bersifat pribadi. Kalaupun aku berjalan bersamamu, perjalananmu bukanlah perjalananku – Paul Theroux (dari buku The Geography of Bliss – Eric Weiner *pengisi waktu kosong saat transit di bandara)