life journey, thought, animals and big smile :)

This Too Shall Pass

keep calm

Kata-kata ini aku temukan di selebaran renungan  Katedral Ijen, sehabis misa hari minggu. Menarik, karena aku jadi sering mengucapkannya, saat senang maupun saat bete.

This too shall pass ~yang ini juga akan berlalu

Menurut cerita lama, alkisah seorang raja yang meminta seorang bijak untuk membuatkan cincin, dan mengukirkan kalimat diatasnya. Kalimat yang mampu membuat orang merasa bahagia saat sedih dan sebaliknya. Perajin itu berpikir lama sekali untuk menemukan apa maksud raja itu, sampai dia menuliskan kata-kata ini

« this too shall pass »

Raja itu menerima cincin tersebut, mengenakannya dan membaca apa yang terukir di cincin tersebut, awalnya dia heran, tetapi kemudian dia tersenyum, karena mengerti apa maksud kata-kata itu. Raja itu melihat, bahwa pada saat kejayaan, dia harus merasa bahwa hal ini akan berakhir suatu saat, sehingga mengajarkan seseorang untuk rendah hati selalu.

Begitu juga saat ditimpa kemalangan, kata-kata ini mengajarkan, bahwa masalah akan segera berlalu, sehingga orang menjadi kuat dan terus berusaha. Apapun yang sedang terjadi dalam hidup kita, ingatlah bahwa itu tidak lama, terus beriman pada Tuhan dan terus melakukan yang terbaik, pada saat senang maupun susah.

Kalo kupikir-pikir lagi, di pepatah jawa juga ada, begini kata-katanya « Ojo rumongso biso, nanging biso rumongso » Artinya, Jangan merasa bisa, tetapi bisa merasa Mengajarkan agar orang tidak menjadi tinggi hati dan merendahkan orang lain, tapi selalu menjadi orang yang bisa merasa, lebih peduli dengan sekitar kita, jadi kita akan lebih banyak belajar, dari orang-orang lain yang lebih tinggi kedudukannya, atau lebih pintar, atau lebih banyak pengalamannya.

Image

sunset at lake toba, the sweet memories with friends

This too shall pass… Jangan ber-putus asa, saat sedih,  ingatlah bahwa itu tidak berlangsung lama Jangan menjadi tinggi hati, saat senang, ingatlah bahwa itu juga tidak lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s