life journey, thought, animals and big smile :)

The Ramayana ballet experience

12 April 2011
The Ramayana ballet performance, or, we used to say it ‘Sendratari Ramayana’ is a grand dancing and theatrical performance that tells the story of Ramayana, a legend sculpted on the wall Siva temple, one of the temple at Prambanan site. The story divided into 4 stage,-Shinta kidnapping- hanoman mission to Alengka kingdom- The defeat and death of Kumbakarna and Rahwana- The reunite of Rama and Shinta.


cerita dari situs http://www.jogjatrip.com
Pertunjukan diawali dengan beberapa penari yang membawa sebuah busur emas diikuti seorang putri cantik berjalan gemulai menuruni tangga, dia adalah Shinta, putri Prabu Janaka yang sedang melaksanakan sayembara untuk menentukan siapa pendamping puterinya. Rama Wijaya memenangkan sayembara dan mendapatkan Shinta.
Pertunjukan dilanjutkan dengan petualangan Rama, Shinta dan Laksmana di hutan Dandaka. disini mereka bertemu dengan Rahwana yang terpikat pada kecantikan Shnta karena dianggap sebagai jelmaan dewi Widowati, wanita yang telah lama dicarinya. Rahwana mengubah salah satu pengikutnya menjadi kijang yang cantik untuk menggida Shinta. Shinta terpikat pada kijang itu dan meminta Rama untuk memburunya. Rama pergi mengejar kijang itu. Karena lama tidak kembali, Laksmana pergi mencari Rama dan memberi Shinta perlindungan berupa lingkaran sakti. namun perlindungan ini gagal dan Rahwana berhasil menculik Shinta.
Mengetahui Shinta tidak berada di tempat semula, Rama dan Laksmana memutuskan untuk mencari Shinta. di dalam perjalanan mereka bertemu Hanoman seekor kera putih yang diutus oleh Sugriwa untuk mencari dua pendekar yang mampu membunuh Subali. Subali yang adalah saudara kembar sugriwa telah mengambil dewi Tara, wanita kesayangan Sugriwa. Atas bantuan Rama, Sugriwa berhasil mengalahkan Subali dan untuk membalas kebaikan Rama Sugriwa membantu mencari Shinta.

Di kerajaan Alengka Rahwana berusaha membujuk Shinta untuk menjadi istrinya, tetapi Shinta menolaknya, sat merasa sedih, tiba-tiba ia mendengar nyanyian kera putih Hanoman, yang kemudian memberi tahu Shinta bahwa ia adalah utusan Rama yang dikirim untuk membebaskannya. Setelah itu, Hanoman merusak taman kerajaan Alengka.
Indrajit, anak lelaki Rahwana, berhasil menangkap Hanoman dan menghukum bakar kera putih ini. Namun saat dibakar, Hanoman berhasil lari dan justru membakar kerajaan Alengka dengan tubuhnya yang penuh api.
Hanoman menemui Rama yang kemudian membawa pasukan kera untuk menyerbu Alengka, pertarungan berlangsung dengan kemenangan pasukan Rama dan matinya Kumbakarna, adik Rahwana dan Rahwana dikalahkan.
Akhir cerita, Shinta dibawa kembali oleh Hanoman, namun ketika bertemu, Rama justru tidak mempercayai Shinta lagi dan menganggapnya telah ternoda. Untuk membuktikan kesuciannya Shinta diminta membakar raganya, dan terbukti dengan tidak terbakar sedikitpun tetapi justru semakin cantik. Rama pun akhirnya menerima Shinta kembali. the end.

As it for me, the story is about the fight between good and evil which in the end, the good one win the battle. simple one.
Pertanyaan di antara saya dan teman-teman cewek yang menonton pertunjukan ini adalah, bahwa ada 2 negara besar yang bertempur karena seorang perempuan, yang tidak bisa berbuat banyak waktu dalam penculikan, dibawa kesana kemari oleh Rahwana tanpa banyak perlawanan, dan pada akhirnya diselamatkan oleh pahlawannya… Sangat kontras dengan gambaran perempuan saat ini..
Tapi, menurut cerita orang-orang terdahulu, yang memahami inti kisah ini, Dewi Shinta adalah gambaran kekuatan seorang perempuan yang cantik (tentu saja) tetapi lemah lembut dan tidak berdaya. Namun, dibalik kelemahannya itu, Shinta mempunyai kekuatan tekad, karena cinta dan kesetiaannya kepada suaminya Rama Wijaya. Shinta tidak tergoda oleh harta, kekuasaan dan kekayaan yang ditawarkan oleh Rahwana dan tetap menjaga kesuciannya.
Hingga pada akhirnya diselamatkan oleh Rama dan kemudian membuktikan dirinya dengan dibakar hidup hidup, dan terbuktinya kesucian Shinta sehingga Rama menerimanya kembali.

ya.. happily ever after… hanya saja, cerita ini terlalu indah, I wonder if it ever exist in the real world.

event information:

Location: Prambanan Temple complex site, Jl. Raya Yogya-Solo Km 16 Prambanan

Time: every Tuesday, Thursday and Friday

May-Oct at the outdoor stage, Nov-April in the indoor stage, due to raining season.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s