life journey, thought, animals and big smile :)

Catch a glimpse at ‘Waduk Sempor’

Located at middle Java, 10 kilometers to north Gombong, or around 32 kilmeters to west side of Kebumen. This dam is the heart of the people at Kebumen. Providing water for the huge area of rice field, water for people consumption, for electricity, and a nice place to refresh with a beautiful landscape.

Waduk ini menjadi sumber kehidupan di sekitarnya, menyediakan  pengairan bagi sector pertanian,  sebagei sumber pembangkit listrik, dan menyediakan air bersih untuk PDAM bagi masyarakat di Kebumen Jawa Tengah

Waduk yang luasnya puluhan hektar ini tampak seperti danau yang dikelilngi bukit-bukit dengan hutan pinus, merupakan pemandangan yang indah dan merupakan tempat refreshing yang cukup menarik.

Menurut informasi di situs ini http://www.wisatanesia.com/2010/05/waduk-sempor-kebumen.html

obyek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung, antara lain wisma-wisma penginapan yang bisa disewa secara perorangan maupun rombongan. Selain sebagai obyek berwisata, tempat ini juga cocok dijadikan tempat untuk seminar, rapat kerja dan kegiatan lainnya, karena selain tempatnya tenang, juga memiliki sarana yang memadai untuk kegiatan tersebut.

Ada juga fasilitas untuk aktifitas air seperti perahu boat yang bisa disewa, dan kegiatan memancing yang bisa diamati di sepanjang tepian danau..eh waduk..

Berita terbaru dari http://www.mediaindonesia.com Jumat, 18 Maret 2011, mengatakan bahwa daya tampung waduk ini menyusut. sebelumnya air waduk mampu mengairi sawah dengan luas 6.478 ha, kini hanya 4.500 ha atau mengalami penurunan luasan sawah yang teraliri 1.762 ha.

Berdasarkan perhitungan sejak awal dibangunnya tahun 1978, setelah 33 tahun air waduk tersisa 38 juta m3. Sehingga pemerintah daerah merasa perlu untk membangun waduk baru suplay kebutuhan pengairan sawah sawah di Kebumen.

..........

Well, saya tidak begitu mengerti dengan angka-angka itu, tapi bila suatu saat melewati kota Kebumen mampirlah ke waduk ini, selalu ada perasaan tenang melihat hamparan air yang melimpah dan bukit-bukit hijau yang mengelilinginya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s